MENARIK KONSUMEN
Alasan kehilangan pelanggan/konsumen..
"Selamat tinggal"
1.Jika menjual makanan minuman haruslah enak.
Jangan dijual jualannya tidak enak.Padahal kalau buat makan sendiri dibuat enak.Sedangkan dijual malah tidak enak (basi,diulang ulang masaknya,ada kotoran,pakai penyedap rasa).
2.Ramahlah!
Siapa mau datang lagi kalau tidak ramah,ketus seolah olah kita yang menunggu lama/diabaikan untuk dilayani (pilih pilih konsumen),kalau penampilan tidak meyakinkan,tidak bawa mobil,tampang kusut diabaikan.
3.Terlalu kepo urusan pribadi (masalah sensitif).
Awalnya langganan.Tapi lama kelamaan nanya sudah nikah atau belum.Dimana rumahnya.Sebagai orang awam pertanyaan seperti itu jadi risih padahal yang nanya sudah punya istri dan anak.Genitnya kalau tidak ada istrinya.
4.Penjual jangan sombong.
Orang beli token Rp. 50.000 dicemoohkan (berapa hari dipakai kalau cuma Rp.50.000 kami saja Rp.300.000).Konsumen nanya tidak malah jawab sendiri.Orang beli beras 1 kg dipaksa beli beras 5 kg (Penjual pemaksa atau penodong).Mungkin pembeli tidak punya uang,jadi bisanya cuma 1 kg.
5.Selalu tidak ada uang kembalian.
Penjual seperti tidak niat jual.Beli telur 2 kg beli gula pasir 1 kg dengan uang Rp.100.000
tapi tidak ada kembaliannya.Terpaksa belanja tambahan lagi.
6.Selalu kalau belanja tidak diberi kantong plastik.
Barang belanjaan banyak tapi selalu tidak pernah diberi kantong plastik.
7.Mahal
Dibandingkan produsen/ toko/warung lain masih ada yang lebih murah.Walau jauh tempatnya tetap dicari.
8.Terkena fitnah
9.Sensitif sama penjual.
10.Jauh tempatnya
11.Gosip terus kalau sudah keprodusen tersebut.
12.Barang yang dijual kadang kadaluarsa,jelek,
bungkusan dimakan tikus dll.
13.Jorok dan kotor.
Gelas kotor,wajan dicuci pakai sapu lidi,sayur mayur tidak dicuci dari pasar,tempat kotor,makanan kadang ditemukan rambut,batu,pasir dll.
Jualan?
1.Tentukan pangsa pasar (kelas bawah,menengah,ataa,semua kelas).
2.Jujur
3.Produk berkualitas
4.Terjangkau konsumen rata rata
5.Inovasi
6.Pentingkan gizi dan kesehatan
7.Pandai pandai memasarkan produk
8.Jangan dipakai/dimakan itu modal
9.Ada target
10.Jangan takut gagal
11.Sedekah
12.Ulet tekun kreatif
13.Buka jaringan/kerjasama
14.Jangan malu untuk promosi
15.Modal diberdayakan
16.Ambil keuntungan secukupnya putar modal.
17.Jangan terima hutangan konsumen kalau modal sedikit apalagi baru merintis
18.Ikut dalam pameran dll
19.Sisihkan untuk tabungan dari pendapatan lebih
20.Buka peluang produk lain.