Konsumen adalah raja

Sepasang suami istri sedang melihat lihat perumahan dimana masih dalam tahap proses pembangunan.Tidak lama dari sana datanglah pegawai entah pegawai lama atau pegawai baru.Entah tamatan apa tidak tahu yang jelas keluar dari lisannya

"Pak perumahan subsidi disini tidak menerima usia yang sudah ambang batas maksimal usia syarat subsidi."

Alhasil sang bapak yang dari tadi bersama istrinya berkata "Saya tahu,saya lihat lihat perumahan ini cash/tunai bukan kredit bukan ambil yang subsidi"!pegawai itupun terdiam tidak berucap apa apa lagi.

Dari kisah bapak tadi bisa diambil hikmahnya

1.Apakah penampilan bapak tadi sudah tua? penampilan seperti maaf (tidak meyakinkan alias kumuh) bisa diperlakukan tidak ramah?.Bisa saja bapak tua tadi beli rumah untuk anaknya/keluarganya/temannya/tetangganya.Bahkan bapak tadi beli rumah kontan tunai bukan kredit!

2.Penampilan bisa menipu.Titel tidak menjamin bisa berkepribadian sopan.Semakin banyak orang luas pergaulannya/sosialisasinya luas seharusnya secara teori semakin luas/tinggi budipekertinya.Semakin luas pehamahan agama seharusnya semakin luas pengamalannya sehingga semakin rendah hati walaupun ia tidak bergelar guru agama/lulusan ponpes.Maka jangan arogansi/sombong/menganggap rendah orang lain.

3.Jika lisan telah melukai seseorang mungkin mereka akan mengingatnya seumur hidup.
Sulit untuk bersosialisasi akrab lagi karena resonansi sudah beda

4.Jika menganggap bertemanlah dengan orang orang baik agar tidak tercebur dengan keburukan teman teman buruk bukan berarti antipati berteman dengan orang orang sifat buruk (jaga jarak) karena justru tantangannya lebih tertantang untuk melatih kesabaran berhadapan dengan orang orang yang sifatnya buruk (tetap bisa punya prinsip).Syukur  syukur bisa mengajak mereka dalam  kebaikan tanpa mereka sadari(diceramahi).

5.Jangan cepat menilai dengan apa yang dilihat yang belum tentu terbukti kebenarannya.Jangan cepat percaya kata katanya orang orang secara sepihak/satu sumber.

6.Jangan pilih pilih perlakuan ketika konsumen datang dengan bawa mobil sendiri dengan konsumen yang jalan kaki/motor.Mereka berhak mendapatkan pelayanan keramahan yang sama.Ingatlah pepatah.*Hilangnya pelanggan bisa karena mereka mendapat ketidakramahan.Selama lamanya tidak datang ketempat itu lagi/minimal menginformasikan kepada orang lain/keluarga/teman bahwa disana tidaklah ramah/ketus/kurang dihargai pelayanan.

7.Konsumen adalah raja jika konsumen memang layak diperlakukan sebagai raja.Bukan sebaliknya produsen adalah raja maka banyak konsumen akan lari karena tidak bisa beri simpati pada konsumen minimal kesan pertama!