Apa itu wahabi
Bermula dari diantara pertanyaan pada pelajaran kelas VIII disitu tertulis di buku teks pelajaran (sengaja tidak disebutkan nama penerbitnya); pertanyaannya adalah " apakah yang dimaksud gerakan wahabiah ? "
Dan diantara jawaban dari muridku (kelas VIII) ada yang berkata.
1. Gerakan wahabiah adalah gerakan yang bertujuan memurnikan kehidupan Islam (dengan alasan murid menyamakan jawaban yang ada di buku teks pelajaran).
2.Ada lagi yang menjawab gerakan wahabiah adalah gerakan yang berbeda dengan ahlussunnah waljamaah walau mengaku sebagai pengikut ahlussunnah waljamaah.Gerakan wahabiah yang disponsori oleh m.ibn abdul wahab didukung oleh dinasti su'ud.
(Dan bagiku jawaban murid seperti itu pasti ada alasannya.Bisa jadi mereka dapatkan juga informasi pengetahuan itu dari ustadz dan ustadzahnya)
Kalau kamu jadi gurunya guru bidang ips (basik ilmu akademikmu sejarah ) yang mana jawabannya yang benar? Apakah poin 1 apakah poin 2? atau apakah dua duanya benar menurut kacamata jawaban anak kelas VIII ?
Bagiku jika murid menjawab poin 1 benar jawabannya (namun dengan catatan pemurnian Islam menurut pemahaman pengikut wahabi sendiri).Mengapa? karena tidak bisa disalahkan juga pada murid karena murid juga mencontoh ada jawabannya diteks buku dengan syarat tadi dengan CATATAN
DAN untuk jawaban yang poin 2 juga benar.Mengapa? Karena banyak sejarah yang mencatatnya.Artinya bukan rahasia lagi sejarahnya.
Yang menjadi masalahnya adalah ketika terjadi FAKTA LUNAK dalam sejarah
Fakta sejarah ada dua dalam bidang ilmu sejarah
1.Fakta lunak; masih bisa diperdebatkan.Masih ada kontraversial.
2.Fakta keras; tidak bisa diperdebatkan,fakta sudah jelas dan tidak mengandung kontraversial.
Dan kita sebagai orang awam plus kita sebagai lulusan sejarah
kita melihat sejarah gerakan wahabiah termasuk fakta lunak.
Mengapa?
KETIKA kita membaca,mendengar,memperhatikan versi pro pengikut wahabi sejarah gerakan wahabiah diagungkan,diantaranya juga dianggap sebagai salah satu unsur dalam kebangkitan dunia Islam.Kita masih ingat materi yang didapatkan dibangku kuliah dan kurikulum yang ada di sekolah kelas XI bahwa pan Islamisme dianggap disponsori oleh Jamaludin al afgani ditimur tengah dianggap semasa perjuangan muhammad bin abdul wahab.
Namun disisi lain dalam historiografi yang lain ada perbedaan sejarah apa yang ditulis sebelumnya (kontranya)
Berikut ini apa itu wahabi dalam catatan sejarah
Wahabi,yang biasanya lebih senang disebut kelompok/manhaj salaf/salafi (salaf yang seperti apa dulu?) disponsori arab saudi untuk menyebarluaskan ajaran wahabi.Dalam sejarah sebagai tanggapan atas berkembangnya wahabi abad ke-19 masa utsmaniyah mengirim pasukan dari mesir untuk meredam
perkembangan wahabi.Namun sekitar tahun 1912
bertepatan dengan runtuhnya detik-detik dinasti
utsmaniyah kelompok itu muncul kembali.
perkembangan wahabi.Namun sekitar tahun 1912
bertepatan dengan runtuhnya detik-detik dinasti
utsmaniyah kelompok itu muncul kembali.
Ibnu saud memperoleh kedudukan seiring dukungan Inggris,sebagai mana juga kawan-kawannya para wahabi (memunculkan kembali memori perjanjian suku saud menghormati penghormatan perjanjian dengan keluarga (yang wahabi) ibnu abdul wahab yang
sekarang dikenal sebagai al syeikh yang berarti
keluarga syeikh).Secara lokal mereka dikenang sebagai al ikhwan,pelopor mutawwa'in (dianggap polisi agama didanani pemerintah dianggap menjaga ketertiban moralitas bangsanya)
Najd pernah diperintahkah oleh keturunan Rasjid (kemudian oleh keturunan su'ud).Najd adalah daerah kaum wahabi.Salah seorang
penganut wahabi yang pertama
adalah Muhammad ibn Su'ud dari darijah di
najd.Sejak itu keturunan su'ud merupakan pendukung dan kekuatan politik dari kaum wahabi.Gerakan wahabi pun meluas dan berhasil merebut mekah dan madinah (1803-1806) dari tangan turki.Tetapi akhirnya
dapat ditindas juga oleh Muhammad Ali dari
Mesir.selaku dari pasha dari turki (1818).
Darijah dinajd ,pusat kaum wahabi
dihancurkan.Kemudian kaum wahabi mendirikan kota pusat baru ialah riyadh
(didirikan oleh turki ibn abdullah (1820-1832).
Pada tanggal 22 september 1932).Abdul aziz ibn Su'ud mengumumkan dirinya sebagai raja hidjaz dan Najd (8 januari 1926) dan kemudian
raja su'udi arabia setelah menumbangkan husein anti inggris dimana abdul aziz ibn su'ud didukung oleh inggris.
Trah najd legitimasi kekuasaan
Najd arah timur madinah
sekarang dikenal sebagai al syeikh yang berarti
keluarga syeikh).Secara lokal mereka dikenang sebagai al ikhwan,pelopor mutawwa'in (dianggap polisi agama didanani pemerintah dianggap menjaga ketertiban moralitas bangsanya)
Najd pernah diperintahkah oleh keturunan Rasjid (kemudian oleh keturunan su'ud).Najd adalah daerah kaum wahabi.Salah seorang
penganut wahabi yang pertama
adalah Muhammad ibn Su'ud dari darijah di
najd.Sejak itu keturunan su'ud merupakan pendukung dan kekuatan politik dari kaum wahabi.Gerakan wahabi pun meluas dan berhasil merebut mekah dan madinah (1803-1806) dari tangan turki.Tetapi akhirnya
dapat ditindas juga oleh Muhammad Ali dari
Mesir.selaku dari pasha dari turki (1818).
Darijah dinajd ,pusat kaum wahabi
dihancurkan.Kemudian kaum wahabi mendirikan kota pusat baru ialah riyadh
(didirikan oleh turki ibn abdullah (1820-1832).
Pada tanggal 22 september 1932).Abdul aziz ibn Su'ud mengumumkan dirinya sebagai raja hidjaz dan Najd (8 januari 1926) dan kemudian
raja su'udi arabia setelah menumbangkan husein anti inggris dimana abdul aziz ibn su'ud didukung oleh inggris.
Trah najd legitimasi kekuasaan
Najd arah timur madinah
DARI sini dapat menjadi pertanyaan juga apa itu wahabi.
1.Lembaga,situs,akun jaringan sosial seperti apa apa yang berafiliasi dengan gerakan wahabiah dan yang bukan wahabi (apakah jelas identitas mereka?)
2.Dari penulis tokoh siapa yang pro wahabi dan kontra wahabi (sezamankah dengan tokoh muhammad bin abdul wahab? ,siapa mereka? Ulama yang manakah? )
3.Dimana saja penyebaran pengikut wahabi? Mayoritas dimana? Sedangkan kontranya dimana saja? .Apakah gerakan wahabi mayoritas di dunia atau sebaliknya?
4.Apa saja fatwa ajaran yang dianggap pengikut wahabi? apakah ada pertentangannya?
5.Bagaimanakah reaksi ulama dulu,ulama setempat, masyarakat awam tentang gerakan wahabi?
6.Mengapa ada negara tertentu yang menolak tegas keberadaan mereka (wahabi), sedangkan dinegara wilayah lain tidak atau belum?
7.Mengapa jika ada orang yang berkata tentang wahabi dianggap dicap sebagai syiah?.Pengalaman seperti apa yang dirasakan oleh masyarakat yang mungkin saja tidak tahu atau tahu apa itu wahabi?
8.Mengapa kasus tertentu jika beda pemahaman langsung dicap sebagai wahabi baik direal atau dimaya? akhirnya jadi mengaku benar sendiri, dialog,ukhuwah jadi luntur?
9.Adakah hubungannya dengan fitnah najd? .Namun mengapa timbul kontraversi ada yang berkata itu ada di irak ada lagi ada di timur madinah
10.Bagaimana jika dibuat sample pertanyaan kepada kaum santri dan santriwati pertanyaan apa itu gerakan wahabi?dipondokan basis pemahaman seperti apa nantinya dibuat sample penelitian?,maupun suara dari masyarakat umum?
11.Mengapa ada kaum yang anti sumber asing menganggap dari kaum kafir walau menceritakan sejarah atau berita ?.Bukankah peneliti objektif tahu mana profesional mana subjektif?
12.Bandingkan informasi media sosial situs gerakan wahabiah dengan kontranya.Mana yang lebih banyak?.bagaimana fakta realnya?
13.Apa saja ciri ciri dari gerakan wahabi? bagaimana akidahnya,fikihnya,?apakah wahabi mazhab tersendiri? Mazhab wahabi?
Atau?
14.Rata rata orang seperti apa yang mau ikut gerakan wahabi?.
15.Mengapa ada orang yang sudah tahu duluan apa itu wahabi?
Apakah didapat dari
-dauroh
-baca situs internet
-diberitahu oleh ustadz ustadzahnya dipondok
(Santri, santriwati)
-dari media elektronik (grup media sosial,radio,tv dan lain lain)
-dari orangtua,teman (maya/real),lingkungan
-dari majelis di tempatnya ia bekerja
-dari saudara,anak,tetangga,berita,pertanyaan orang lain
- dari otodidak mencari sendiri dulu baru bertanya pada ulama setempat
Apa hikmahnya?
DARI PERTANYAAN YANG DIANGGAP SEDERHANA BISA DIKEMBANGKAN BEBERAPA PERTANYAAN
Bisa dijadikan bahan penulisan penelitian (skripsi,disertasi,tesis dengan pendekatan tertentu) sehingga bisa dipertanggungjwabkan secara ilmiahnatau bisa menjadi masukan bahan diskusi.Atau bisa menjadi pertanyaan sendiri bagi yang masih ragu sehingga mencari mencari kebenaran
SEBERAPA PENTINGKAH?
ada pro ada kontra
ada counter ada kontranya
Paham?
SESUNGGUHNYA kebenaran itu milik Allah.
Dan semoga kita semua bisa menggapai kebenaran yang sebenar benarnya.